Keramahtamahan Indonesia diaplikasikan dalam ikon yang
memanjakan pancaindra
Garuda Indonesia Experience adalah konsep layanan baru yang
menyajikan aspek-aspek terbaik dari Indonesia kepada para penumpang. Mulai dari
saat reservasi penerbangan hingga tiba di bandara tujuan, para penumpang akan
dimanjakan oleh pelayanan yang tulus dan bersahabat yang menjadi ciri
keramahtamahan Indonesia, diwakili oleh ‘Salam Garuda Indonesia’ dari para awak
kabin.
Dengan pengenalan konsep Garuda Indonesia Experience, Garuda
Indonesia menciptakan ciri khas yang membanggakan, sekaligus meningkatkan citra
Indonesia di dunia internasional. Konsep Garuda Indonesia Experience didasarkan
pada pancaindra atau “5 senses” (sight, sound, scent, taste, dan touch) dan
mencakup 24 “customer touch points”; mulai dari pelayanan pre-journey,
pre-flight, in-flight, post-flight dan post-journey.
Sejak pertama diluncurkan pada 2009, Garuda Indonesia
Experience mengandalkan keramahtamahan Indonesia. Ini sejalan dengan visi
Garuda Indonesia, yaitu perusahaan penerbangan yang handal, menawarkan layanan
berkualitas bagi masyarakat dunia dengan menggunakan keramahan Indonesia.
Garuda Indonesia mengemban misi khusus sebagai perusahaan penerbangan pembawa
bendera bangsa Indonesia, yang mempromosikan Indonesia kepada dunia. Konsep
keramahtamahan Indonesia ini diterjemahkan dalam ikon-ikon yang mengandalkan
pancaindra, yang antara lain tercermin dari penggunaan bahan dan ornamen khas
Indonesia untuk interior pesawat, aroma wewangian bunga khas Indonesia, musik
khas Indonesia, serta cita rasa makanan dan minuman khas Indonesia. Pada 2009,
perusahaan melakukan program peremajaan untuk armada-armada lama, Boeing
747-400 dan Airbus 330-300, dengan mengganti interior pesawat dan menambah
fasilitas AVOD (Audio and Video on Demand). Langkah yang sesuai dengan konsep
layanan Garuda Indonesia Experience.
Di samping melibatkan pancaindra, konsep Garuda Indonesia
Experience juga harus memiliki nilai-nilai dasar sebagai berikut: tepat waktu
dan aman (tentang produk), cepat dan tepat (tentang proses), bersih dan nyaman
(tentang bangunan) serta andal, profesional, kompeten dan siap membantu (tentang
staf). Konsep ini diterima dengan baik oleh pelanggan Garuda Indonesia.
0 komentar:
Posting Komentar